Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bagaimana Tata Cara Pendaftaran BPJS Online?

Pendaftaran BPJS Online

Seringkali pendaftaran badan usaha ini secara offline terlihat seakan memakan waktu dan ditambah lagi dengan adanya antrian panjang. Untuk itu sekarang telah hadir tata cara pendaftaran BPJS online yang pastinya akan mempermudah Anda dalam pendaftaran atau membayar premi.

 

Tata Cara Pendaftaran BPJS Online

 

Dengan adanya pendaftaran BPJS online ini, tentu saja dapat memudahkan Anda bila tak ingin berdesakan dengan orang yang pastinya akan mengantri panjang. Apalagi di kondisi seperti ini sebagai masyarakat yang taat akan aturan, perlu dilakukannya social distancing atau jaga jarak.

 

1.     Cara Mendaftar BPJS Secara Online

 

Sesuai namanya, cara pendaftaran BPJS secara online ini Anda memerlukan paket data agar bisa terhubung dengan internet. Setelah terhubung, langsung kunjungi situs resminya dan ada beberapa dokumen yang seharusnya Anda siapkan sebelum melakukan pendaftaran.

 

Dokumen tersebut meliputi, kartu keluarga, kartu tanda penduduk, NPWP, nomor handphone, buku rekening tabungan, foto diri maksimal ukuran 50 KB beserta alamat e-mail Anda yang aktif. Ingat, jangan sampai ada dokumen yang tertinggal bila tak ingin terhambat dalam proses pendaftaran.

2.     Mengunjungi Situs Resmi Dan Mengisi Nomor KK

 

Langkah awal yang perlu Anda lakukan sebelum mendaftar yaitu mengunjungi website resminya terlebih dahulu yaitu di https://daftar.bpjs-kesehatan.go.id/ setelah masuk Anda langsung isi dari dokumen apa saja yang seharusnya dibutuhkan. Ada juga cara lain yaitu menggunakan aplikasi JKN Android.

 

Setelah selesai mengunjungi website resmi atau melakukan pendaftaran pada aplikasi android bernama JKN, saatnya mengisi nomor kartu keluarga, lalu memasukkan kode captcha (usahakan teliti pada gambar atau angka yang tertera), kemudian klik inquery kartu keluarga.

 

3.     Mengisi Data-Data Yang Dibutuhkan

 

Selanjutnya Anda akan memasuki tahap untuk mengisi data-data yang biasanya dibutuhkan seperti halnya nomor NPWP, kelurahan atau desa, nomor handphone dan juga alamat tempat tinggal Anda. Setelah selesai mengisi, centang bagian kotak kecil pernyataan bahwa alamat tersebut sudah sesuai.

 

Kemudian langkah selanjutnya adalah memilih fasilitas kesehatan atau FASKES, caranya cari dengan menggunakan tombol pencarian. Hal ini sangat penting karena ketika Anda pertama kali mengalami sakit, maka harus ada rujukan ke FASKES yang sudah dipilih. Bisa saja puskesmas, dokter pribadi atapun klinik.

 

4.     Mengupload Foto Serta Melengkapi Formulir

 

Setelah tahap mengisi data-data tersebut sudah selesai dilakukan, selanjutnya Anda perlu mengupload foto pribadi dengan ukuran maksimal 50 KB, setelah itu klik proses selanjutnya. Nah, dalam langkah selanjutnya ini Anda diharuskan mengisi beberapa formulir yang sudah disediakan.

 

Formulir tersebut dapat meliputi peserta anggota keluarga, pilih kelas perawatan, memasukkan nomor rekening bank, nama pemilik, nomor handphone, alamat e-mail kemudian konfirmasi, memasukkan kode captcha lalu klik kirim e-mail.

 

5.     Tahap Terakhir

 

Selanjutnya Anda sudah mencapai tahap terakhir yaitu membuka e-mail untuk segera melakukan verifikasi. Bila Anda tak kunjung mendapatkan e-mail yang masuk dari pihak BPJS nya, cobalah untuk memeriksanya pada bagian folder spam. Kemudian klik URL aktivasi yang ada di e-mail Anda.

 

Lalu menunggu beberapa menit sampai mendapatkan nomor VA atau virtual account. Di tahap ini, proses pendaftaran BPJS online sudah selesai dan setelahnya Anda diminta untuk membayar lewat bank. Tombol e-ID pun sudah bisa di download setelah pembayaran selesai.

 

Begitulah paparan dari penjelasan terkait bagaimana Tata Cara Pendaftaran BPJS Online yang mungkin bisa Anda ikuti di rumah bila ingin mendaftar sebagai peserta dari badan penyelenggaraan jaminan sosial ini.

Posting Komentar untuk "Bagaimana Tata Cara Pendaftaran BPJS Online?"